My Ye Ye

Monday, April 11

Fase Seleksi World Physics Olympiad


Buat adik-adik SMA yang suka ma Fisika, kabar terbaru dari yayasan TOFI bahwa Olimpiade Fisika Internasional kembali diadakan dengan format World Physics Olympiad.
World Physics Olympiad adalah suatu lomba fisika individu tingkat SMA yang diinisiasi oleh Prof. Yohanes Surya Ph.D. (Pendiri Tim Olimpiade Fisika Indonesia, Surya Institute dan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Surya).

Dikutip dari situs resmi TOFI kalo lomba ini berlangsung satu tahun penuh dengan tiga tahap:
1. Tahap seleksi
2. Tahap diskusi
3. Tahap final

Tiap tahap mempunyai misi masing-masing yaitu:
1. Tahap seleksi: memberi kesempatan sebanyak mungkin siswa untuk berpartisipasi dalam lomba fisika ini dengan memanfaatkan teknologi internet. Soal-soal selection round akan mendorong siswa untuk belajar fisika tingkat tinggi. Secara tidak langsung ini akan meningkatkan pemahaman fisika siswa ini.
2. Tahap diskusi: memberikan kesempatan pada peserta untuk mendiskusikan solusi soal-soal selection round ataupun soal-soal selevel dengan soal olimpiade fisika. Ini akan menjadi suatu ajang komunikasi calon-calon fisikawan masa mendatang yang diharapkan akan terbentuk suatu jaringan sosial pencinta fisika.
3. Tahap final: merupakan tantangan tertinggi bagi setiap peserta, suatu kesempatan untuk berkompetisi dengan para juara fisika (peraih medali emas APhO dan IPhO). Ini akan membangkitkan semangat kompetisi.

Hot News....
Fase seleksi WoPhO (World Physics Olympiad) TELAH DIMULAI. Pada fase seleksi terdapat 10 soal teori yang menarik yang dapat didownload di http://www.wopho.org/selection.php. Batas akhir pengumpulan solusinya adalah 30 Juni 2011. Seratus peserta terbaik berhak untuk berpartisipasi pada babak final di Bali, 28 Desember 2011- 3 Januari 2012.


Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.wopho.org. (HJK)

No comments:

Post a Comment